Thursday, April 21, 2011

menghargai dan dihargai

Kenapa saya selalu ingin menghargai setiap orang yang saya temui dan kenal? Menghargai dan dihargai adalah 2 kata yang saling berhubungan. Simple, bila kita menghargai seseorang, seringkali kita juga dihargai (walaupun tidak semuanya ya), tapi alangkah baiknya jika kita menghargai setiap orang. Apapun profesinya, kaya atau miskin, keren atau tidak, hargailah mereka, saya percaya banyak nilai positifnya bila kita menghargai. 


1 hal simple, sapalah orang yang pernah kamu kenal walau tidak sengaja bertemu (minimal senyumlah). Sapalah orang2 di sekelilingmu, tempat tinggalmu. Aneh juga kan kalau gak nyapa, apalagi kalau tinggal 1 atap tapi gak pernah nyapa, waah, atau mungkin gak bisa ngomong ya?? (kidding). Ada baiknya yang lebih muda nyapa duluan yang lebih tua, karena apa? Karena dari jaman nenek moyang, apalagi saya tinggal di JAWA, pepatah mengatakan "sing enom kudu ngajeni karo sing luwih tuwo" ("yang lebih muda harus menghargai yang lebih tua"). Mau tidak mau itu tertanam di diri saya. Boleh setuju boleh tidak sih, itu terserah anda juga. 


Tapi saya yakin banyak hal positif yang bakal kita terima di kehidupan sosial bila kita menghargai setiap orang.


Just sharing, saya tidak ada niat untuk menggurui atau sok tahu. 
Cheers :) 

No comments:

Post a Comment